Soal Biologi Sebagai Ilmu Hayat Berserta Kunci Jawaban dan Pembahasan
Soal Biologi Sebagai Ilmu Hayat Berserta Kunci Jawaban dan Pembahasan
Melakukan eksperimen dalam memecahkan masalah biologi bertujuan untuk ….
membuktikan kebenaran teori
menguji hipotesis
menjelaskan fenomena
meningkatkan skala observasi
mengumpulkan data
Pembahasan:
Untuk menguji suatu hipotesis yang telah dirumuskan diperlukan suatu eksperimen.
Dengan dilakukannya eksperimen akan diketahui ketepatan hipotesis yang telah dirumuskan.
Jawab: B
2. Iritabilitas merupakan salah satu aspek ciri makhluk hidup yang dipelajari dalam ….
ekologi
taksonomi
mikologi
embriologi
sitologi
Pembahasan:
Iritabilitas menunjukkan adanya kepekaan suatu makhluk hidup terhadap rangsangan.
Hal ini berkaitan dengan interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya, baik
lingkungan abiotik maupun lingkungan biotik. Ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ekologi.
Jawab: A
3. Dalam usaha meningkatkan produksi pangan para peneliti telah berhasil mengembangkan bibit unggul dengan cara hibridisasi. Ilmu pengetahuan yang mendasari cara ini
disebut ….
taksonomi
fisiologi
genetika
ekologi
botani
Pembahasan:
Hibridisasi merupakan proses penyilangan yang dilakukan untuk mengawinkan tumbuhan yang satu dengan yang lain. Hal yang berkaitan dengan suatu sifat yang diturunkan
pada keturunannya dipelajari dalam genetika.
Jawab: C
4. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa tumbuhan putri malu merupakan makhluk hidup
pada gambar tersebut adalah ….
peka terhadap rangsangan dan bergerak
membutuhkan makanan dan mengeluarkan zat sisa metabolisme
bergerak dan melakukan respirasi
menghasilkan keturunan dan peka terhadap rangsangan
mampu mengatur homeostasis dan bergerak
Pembahasan:
Makhluk hidup memiliki ciri-ciri antara lain, membutuhkan nutrisi, melakukan respirasi,
menghasilkan zat sisa metabolisme (ekskresi), mampu menanggapi rangsangan, bergerak, melakukan proses reproduksi untuk melestarikan jenisnya, dan mampu mengatur
homeostasis tubuh (misalnya mengatur suhu tubuh), mampu beradaptasi, dan mempunyai
sistem regulasi. Gambar di atas menunjukkan bahwa daun tersebut mempunyai
kemampuan untuk bergerak menutup dan peka terhadap rangsangan saat disentuh.
Jawab: A
5. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah:
mengumpulkan data
merumuskan hipotesis
menarik kesimpulan
merumuskan masalah
melakukan percobaan
Urutan tahapan metode ilmiah yang harus ditempuh oleh siswa dalam memecahkan
suatu masalah adalah ….
1)-2)-3)-4)-5)
4)-1)-2)-5)-3)
2)-1)-5)-4)-3)
4)-1)-5)-2)-3)
2)-1)-4)-5)-3)
Pembahasan:
Urutan tahapan metode ilmiah yang benar adalah merumuskan masalah (4) → mengumpulkan data (1) → merumuskan hipotesis (2) → melakukan percobaan (5)→ menarik kesimpulan (3)
Jawab: B
6. Seorang siswa sangat tertarik dengan ilmu biologi. Ia bercita-cita ingin menciptakan hewan dengan sifat-sifat unggul yang sama dengan induknya dan dapat berpendar di kegelapan malam. Untuk mewujudkan cita-citanya, sebaliknya siswa tersebut mempelajari salah satu cabang ilmu biologi, yaitu …..
biokimia
biofisika
biofarmasi
bioteknologi
biodiversitas
Pembahasan:
Bioteknologi merupakan kelompok ilmu campuran dan terapan yang memanfaatkan aplikasi teknologi untuk meningkatkan kualitas suatu organisme dengan cara memodifikasi fungsi biologi dan organisme tersebut dengan menyisipkan gen dari organisme lain atau dengan merekayasa gen organisme itu.
Jawaban: D
7. Seorang peternak menemukan banyak ayam ternaknya yan mati secara tiba-tiba dalam beberapa hari tanpa gejala klinis. Hipotesis atau dugaan penyebab kematian ayam berdasarkan informasi disebabkan oleh …..
kurang makanan
kurang oksigen
kondisi air tidak cocok
terserang flu burung
saling berkelahi
Pembahasan:
Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah. Berdasarkan informasi pada pernyataan di atas, hipotesis atau dugaan sementara penyebab kematian ayam adalah karena terserang flu burung. Namun hipotesis ini harus dibuktikan dengan melakukan percobaan atau penelitian ilmiah.
Jawaban: D
8. Berikut ini, hubungan yang benar antara cabang biologi, objek kajian, dan tingkat organisasi kehidupan yang dipelajarinya adalah …..
mikologi – bakteri – organ
ekologi – hewan – ekosistem
histologi – tumbuhan – individu
virologi – bakteri – organ
herpetologi – hewan – bioma
Pembahasan:
Ekologi merupakan ilmu yang megkaji tentang lingkungan, meliputi hewan dan tumbuhan, dan berada pada tingkat ekosistem.
Jawaban: D
9. Sebuah pabrik industri makanan dapat menghasilkan nata de coco. Prinsip pembuatan nata de coco dipelajari dalam cabang biologi terapan, yaitu …..
biokimia
biofisika
bioteknologi
mikrobiologi
paleontologi
Pembahasan:
Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang memanfaatkan makhluk hidup atau produk dari makhluk hidup (misalnya enzim, produk hasil metabolisme) untuk menghasilkan suatu produk (misalnya roti, keju, nata de coco) dan jasa (misalnya penguraian limbah minyak oleh bakteri atau bioremediasi).
Jawaban: C
10. Buah semangka tanpa biji tersebut diperoleh dengan cara memanfaatkan biologi melalui teknik …..
rekayasa genetika
transplantasi organ
inseminasi buatan
kultur in vitro
virologi
Pembahasan:
Teknik rekayasa genetika memanfaatkan peranan gen untuk kepentingan manusia. Melalui teknik ini susunan genetik dalam kromosom dan ekspresinya diubah agar sesuai dengan yang diharapkan.
Jawaban: A
11. Seorang siswa yang ingin melakukan sebuah penelitian ilmiah, maka ia harus mengawalinya dengan …..
tanya jawab
menemukan masalah
membuat kesimpulan
membuat hipotesis
diskusi
Pembahasan:
Ingatlah jembatan keledai sebelumnya “ MAS – HIPER – ABAVAKan”
1. menemukan MASalah
2. mengajukan Hipotesis
3. melakukan PERcobaan
4. menentukan Alat dan Bahan
5. menentukan Variabel
6. membuat Kesimpulan
Jawaban: B
12. Seorang peneliti mencoba mengembangbiakkan tanaman pegagan (Centella asiatica) melalui teknik kultur jaringan. Tujuan percobaannya adalah menemukan kombinasi medium yang cocok bagi pertumbuhan eksplannya. Hasil percobaannya menunjukkan bahwa medium dengan kombinasi hormon A lebih banyak daripada hormon B, lebih mempercepat tumbuhnya akar daripada medium dengan kombinasi hormon A yang lebih sedikit daripada hormon B.
Rumusan masalah yang benar dan berkaitan dengan peristiwa tersebut adalah …..
medium dengan kombinasi hormon A dan B dalam jumlah sama, akan lebih baik hasilnya.
pengaruh medium dengan kombinasi hormon A dan B untuk mempercepat tumbuhnya akar
hormon A dalam jumlah banyak tidak selalu menghasilkan akar yang banyak
kemampuan hormon A tanpa hormon B untuk merangsang pertumbuhan akar
jenis medium yang digunakan
Pembahasan:
Percobaan dimulai dengan suatu pertanyaan, kemudian mencoba untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan melakukan percobaan. Pada pernyataan di atas diketahui bahwa eksplan dalam medium dengan kombinasi hormon A lebih banyak daripada hormon B akarnya lebih cepat tumbuh daripada kombinasi sebaliknya. Berdasarkan perbedaan tersebut, timbul pertanyaan, mengapa eksplan menghasilkan akar lebih cepat dalam kombinasi hormon tersebut?
Jawaban: B
13. Berikut ini yang termasuk aplikasi biologi pada dunia pertanian, yaitu …..
fertilisasi in vitro
pembuatan vaksin virus flu burung
inseminasi buatan
kultur in vitro
transplantasi organ
Pembahasan:
Teknik kultur jaringan atau kultur in vitro merupakan salah satu bentuk aplikasi biologi yang bertujuan memperbanyak tanaman dalam waktu singkat dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Teknik ini dilakukan dalam kondisi aseptik di botol kulktur dengan medium dan kondisi lingkungan tertentu.
Jawaban: D
14. Sitologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji kehidupan pada …..
tingkat sel
tingkat jaringan
tingkat organ
tingkat sistem organ
tingkat individu
Pembahasan:
Sitologi mengkaji kehidupan pada tingkat sel (struktur dan fungsinya).
Jawaban: A
15. Cabang ilmu biologi yang mengkaji mikroorganisme adalah …..
mikologi
bakteriologi
mikrobiologi
fisiologi
genetika
Pembahasan:
Mikrobiologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mikroorganisme. Objek kajian ilmu tersebut biasanya semua makhluk hidup yang perlu dilihat dengan bantuan mikroskop.
Jawaban: C
Soal Uraian
Jelaskan ruang lingkup yang dipelajari dalam biologi.
Pembahasan:
Kajian biologi yang berupa makhluk hidup mencakup berbagai tingkat organisasi kehidupan (ruang lingkup), antara lain molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, hingga bioma.
Sebutkan lima cabang biologi dan ilmu yang dipelajarinya.
Pembahasan:
Botani → ilmu yang mempelajari seluk-beluk tumbuhan.
Sitologi → ilmu yang mempelajari susunan dan fungsi bagian-bagian dari sel, baik sel hewan maupun sel tumbuhan.
Evolusi → ilmu yang mempelajari perkembangan makhluk hidup dari bentuk-bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang paling rumit (sempurna) dalam rentang waktu yang sangat lama.
Genetika → ilmu yang mempelajari cara-cara pewarisan sifat individu kepada keturunannya.
Mikologi → ilmu yang mempelajari seluk beluk jamur.
Jelaskan peranan biologi dalam bidang farmasi.
Pembahasan:
Dengan kemajuan ilmu biologi, manusia berhasil menemukan berbagai jenis obat dan vaksin.
Apakah tujuan dari eksperimen?
Pembahasan:
Eksperimen (percobaan) bertujuan membuktikan suatu hipotesis (dugaan).
Tuliskan langkah-langkah metode ilmiah secara berturutan.
Pembahasan:
Merumuskan masalah; melakukan observasi (mengumpulkan data); menyusun hipotesis (dugaan); melakukan eksperimen (percobaan) untuk menguji hipotesis; menarik kesimpulan; menguji kesimpulan dengan melakukan eksperimen ulang
0 Komentar